Rapat Pengurus IPS Mengawali Tahun 2017

WhatsApp Image 2017-01-20 at 3.31.32 PM

Jumat, 20 Januari 2017, diadakan rapat program kerja tahun 2017 Ikatan Psikologi Sosial (IPS-HIMPSI) bertempat di ruang Rapat Bidang Studi Psikologi C.302, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.

Rapat yang diikuti oleh Dr. Arief Budiarto (Ketua IPS), Dr. Mirra Noor Milla (Sekjen), pengurus-pengurus lain (Dr. Ichsan Malik, Ardiningtyas Pitaloka, M.Si., Wahyu Cahyonom, M.Si., Wenty Marina Minza, Ph.D., dan Whinda Yustisia, M.Sc.) dan Himawan Arifianto, S.Psi sebagai notulensi rapat.

Beberapa ringkasan hasil rapat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Agenda kelanjutan dari kegiatan Capacity Building dan Wokshop AASP 2016 adalah (a) pengembangan framework  materi pengajaran psikologi sosial khas Indonesia; (b) sosialisasi framework untuk pengajaran psikologi sosial khas Indonesia diikuti dengan pembentukan tim kurikulum; dan (c) melaksanakan kegiatan Workshop Action Research 2017.
  2. Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) IPS ke-7 akan dilaksanakan pada bulan November 2017, di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dengan Tema “Harmony in Diversity“. Direncakan akan menghadirkan dua keynote speaker, yakni Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc (Menteri Sekretaris Negara) dan Prof. James H. Liu (Massey University, Auckland, New Zealand).
  3. Jurnal Psikologi Sosial IPS HIMPSI mulai diterbitkan Januari 2017 sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni setiap bulan Februari dan Agustus.
  4. Publikasi keilmuan Psikologi Sosial pada tahun 2017 diawali dengan soft launching buku  Teori-Teori Psikologi Sosial Kontemporer yang akan dilaksanakan di Malang. Selain itu pada tahun 2017, IPS akan menerbitkan dua buku Psikologi Sosial, yakni (a) Buku pegangan kuliah Psikologi Sosial (berisi pengayaan hasil-hasil riset studi di Indonesia); (b) Buku kumpulan esai tentang Psikologi Politik Indonesia sebagai bahan bacaan untuk lintas disiplin, seperti Ilmu Psikologi, Politik, Sosiologi, dll.
  5. Penyelenggaraan workshop metodologi penelitian (pre-conference workshop), yakni (a) workshop Action Research Methodology yang berisikan pembahasan mengenai pelaksanaan, teknis analisis, dan publikasi untuk action research; (b) workshop penulisan publikasi di jurnal bereputasi.
  6. Penyebaran materi pembelajaran melalui (a) media audio visual online; dan (b) seri diskusi tematik.

WhatsApp Image 2017-01-20 at 3.31.37 PM

Rapat yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 16.00 tersebut merupakan kegiatan IPS yang mengawali lembaran tahun 2017. Semoga hasil-hasil rapat dan program kerja IPS-HIMPSI yang dirancang dapat berjalan dengan lancar. Aamiin. (DQ)

Mari berbagi...Print this pageShare on Facebook7Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

admin