Keanggotaan

Anggota Ikatan Psikologi Sosial terdiri atas:

  1. Anggota Biasa, yaitu para sarjana S1, S2, S3 pada masing-masing atau salah satu strata adalah Psikologi;
  2. Anggota Khusus, yaitu peminat bidang Psikologi Sosial dan mahasiswa S2, S3 Psikologi;
  3. Anggota Muda, yaitu anggota yang masih dalam proses pendidikan S1 Psikologi.

Keanggotan IPS secara resmi (biasa) merupakan anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia yang memilih keanggotaan Ikatan Psikologi Sosial sebagai afiliasinya. Tiga langkah utama untuk menjadi anggota IPS adalah :

  1. Mendaftarkan diri ke HIMPSI Wilayah untuk mendapat akun dan password Sistem Informasi Keanggotaan (SIK)
  2. Login ke website SIK dan memilih keanggotaan ikatan/asosiasi
  3. Membayar biaya registrasi
Rincian Prosedur Pendaftaran (non-Psikolog):
  1. Menyiapkan scan KTP dan Ijazah (S1, S2, dan S3) dari jenjang pendidikan S1 hingga terakhir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Pengurus Wilayah HIMPSI, menandatangani formulir dan men-scan berkas tersebut.
  3. Mengirimkan file scan KTP, scan Ijazah S1, S2, dan S3, dan scan formulir ke Pengurus Wilayah HIMPSI.
  4. Mendapatkan akun dan password Sistem Informasi Keanggotaan (SIK) dari Pengurus Wilayah HIMPSI.
  5. Login ke website https://anggota.himpsi.or.id, melakukan pemilihan keanggotaan IPS.
  6. Melakukan transfer biaya keanggotaan HIMPSI ke rekening virtual Bank Mandiri. Biaya registrasi tergantung banyaknya pilihan ikatan/asosiasi dan tingkatan keanggotaan yang Anda Pilih (Silver/Gold/Platinum). Semakin banyak memilih keanggotaan, semakin besar biaya registrasi (Rp 150.000/keanggotaan+Silver [Rp 250.000] atau Gold [Rp 400.000] atau Platinum [Rp 600.000]). Misalnya Anda mendaftarkan diri sebagai anggota IPS (Rp 150.000) + Silver (Rp 250.000) = Rp 400.000. Terdapat perbedaan keuntungan/fasilitas yang didapatkan untuk tiap tingkatan Platinum, Gold, atau Silver.
Hak, kewajiban serta Kode Etik anggota biasa IPS mengacu pada HIMPSI. Untuk berbagai kegiatan IPS/HIMPSI yang memerlukan keanggotaan IPS, maka yang berlaku adalah keanggotaan IPS secara resmi (misalnya pada kegiatan yang memiliki klasifikasi pendaftar sebagai anggota IPS-HIMPSI). Sejak 2016, keanggotaan IPS versi lama sudah tidak diberlakukan (tidak diperpanjang), karena administrasi dan registrasi sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Keanggotaan (SIK) HIMPSI. Ini artinya anggota IPS resmi adalah anggota HIMPSI yang terdaftar di SIK HIMPSI dan memilih afiliasi di IPS saat registrasi.

Untuk itu, kami menghimbau bagi anggota IPS versi lama (nomor dan kartu diterbitkan oleh IPS) agar mendaftar ulang sebagai anggota HIMPSI secara resmi dan memilih keanggotaan sebagai IPS (nomor dan kartu diterbitkan oleh HIMPSI).

Untuk mengecek apakah Anda sudah terdaftar di SIK HIMPSI, ketik nama Anda dipencarian pada link berikut: http://bit.ly/carihimpsi.

Keanggotaan IPS untuk anggota khusus dan muda dapat diperoleh dengan mengirimkan curriculum vitae lengkap (dilampirkan pada email dengan format word atau pdf) dan data diri ringkas (Nama, Asal Institusi, Status Pekerjaan, Alamat Email, dan No HP yang diketik pada isi email), dikirimkan ke sekretariat@ikatanpsikologisosial.org dengan format subjek (judul email) “Pendaftaran Anggota Khusus/Muda IPS HIMPSI”. Hak dan kewajiban Anggota Khusus yaitu mempunyai hak bicara dan mengeluarkan pendapat sama seperti anggota biasa IPS, hanya tidak dapat menjadi pengurus IPS.

Keuntungan menjadi Anggota: mendapat informasi kegiatan IPS-HIMPSI secara berkala melalui email atau jejaring sosial, berhak mengikuti kegiatan IPS-HIMPSI (untuk anggota Biasa), dan dapat turut serta dalam kegiatan riset dan jenis pengembangan karir lainnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat melalui email: sekretariat@ikatanpsikologisosial.org.

Mari berbagi...Print this pageShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone