Temu Ilmiah dan Konferensi Ikatan Psikologi Sosial 2015 Denpasar Bali

Pada Bulan Januari 2015 lalu tepatnya pada tanggal 21-23, Ikatan Psikologi Sosial atau IPS menyelenggarakan temu ilmiah sekaligus konferensi yang bertempat di Hotel Inna Denpasar Bali. Rangkaian kegiatan IPS ini diawali dengan “Workshop Deteksi Dini Konflik Sosial”dan “Workshop Penulisan dan Publikasi Ilmiah” selama dua hari. Kedua Workshop ini dipandu oleh Prof. Dr. Hamdi Mulukdari Fakultas Psikologi UI yang jugamerupakanketua IPS periode 2010 – 2014.

Kegiatan temu ilmiah ini mengadirkan dua orang keynote speakers yaitu Menteri Bappenas Andrinof Chaniago yang sekaligus membuka acara dan Prof. Yohsuke Ohtsubo (Kobe University, Japan). Menteri Bappenas dalam sambutannya menyampaikan tentang “Peran dan Kontribusi Ilmu Sosial dalam Revolusi Mental dan Pembangunan di Indonesia”. Pada hari kedua, Prof. Yohsuke menjelaskan tentang perkembangan riset terbaru dengan topik “Evolutionary Psychology”.

Satu hal yang membanggakan adalah temu Ilmiah IPS di awal tahun 2015 ini diikuti oleh 229 peserta yang mempresentasikan hasil penelitian mereka dengan variasi topik yang sangat beragam. Sesi presentasiterbagi dalam40 sesi presentasi pararel dan 4 sesi simposium.Temu Ilmiah IPS 2015 di Denpasar Bali ini tercatat sebagai temu ilmiah IPS dengan partisipasi peserta terbesar sepanjang sejarah temu ilmiah IPS yang pernah diadakan. Prof. Dr. Sarlito Wirawan sebagai salah seorang pendiri IPS yangjuga hadir, dalam kesempatan pidatonya menyampaikan bahwa banyak hal menarik yang dipresentasikan dalam temu ilmiah IPS kali ini. Utamanya berkaitan dengan keragaman topik dan partisipasi peserta yang meliputi berbagai peneliti dari segala penjuru Indonesia. Ini menunjukan keragaman penelitian dan potensi besar yang bisa dikembangkan lebih lanjut oleh IPS sebagai asosiasi keilmuan.

Salah satu agenda penting dari kegiatan di Bali ini adalah diselenggarakannya konferensi IPS yang ke-3. Konferensi ini mengagendakan laporan pertanggungjawaban Pengurus IPS periode sebelumnya sekaligus memilih Ketua IPS yang baru. Melalui sidang yang dipimpin oleh Dr. Andik Matulessy, anggota IPS sekaligusWakil Ketua HIMPSI, Dr Arief Budiarto DESS terpilih sebagai ketua IPS yang baru untuk periode 2015-2019 menggantikan Prof. Dr. Hamdi Muluk.Temu Ilmiah dan konferensi IPS Denpasar ini dihadiri oleh Ketua HIMPSI, Dr. Seger Handoyo dan perwakilan Majelis serta Pengurus Pusat HIMPSI. Selanjutnya ketua terpilih diamanahkan untuk membentuk formatur dan diberi waktu satu bulan untuk menyusun kepengurusan dan program kerjanya.

Mari berbagi...Print this pageShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

admin