Workshop Bacth 2-2019 Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Psikologi Sosial

Sebanyak 22 peserta workshop yang berasal dari Solo, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Jakarta, dan Depok antusias mengikuti workshop pada 23-24 April 2019 di Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Beberapa peserta berasal dari best papers di Temilnas IPS 2019 Solo.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurnal Psikologi Sosial dan didukung oleh Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi (KPRRI) UI menghadirkan 4 pembicara, yaitu Muhammad Abdan Shadiqi, M.Si, Dr. Phil. Idhamsyah Eka Putra, Dr. Mirra Noor Milla, dan Laras Sekarasih, Ph.D.

Hari pertama, 23 April 2019, semua peserta diajak mengikuti diskusi ilmiah dari Ikatan Psikologi Sosial – HIMPSI mengenai Identifikasi kebutuhan riset psikologi sosial di Indonesia yang menghadirkan Dr. Bagus Takwin, Dr. Phil. Idhamsyah Eka Putra, dan Dr. Zainal Abidin sebagai kegiatan pra-workshop. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan materi pembuka dari Muhammad Abdan Shadiqi, M.Si yang menyampaikan tentang plagiarisme dan kiat-kiat meningkatkan kualitas referensi dalam karya ilmiah.

Besoknya peserta langsung mendapatkan materi tentang strategi menulis artikel jurnal untuk publikasi yang disampaikan oleh Dr. Phil. Idhamsyah Eka Putra. Beliau menyampaikan secara rinci bagian-bagian dari artikel ilmiah disertai dengan contoh-contoh penulisan yang baik dan buruk. Pada sesi selanjutnya, Dr. Mirra Noor Milla menyampaikan tentang tata cara menulis artikel kualitatif.

Pada jadwal kegiatan, semua peserta secara aktif melakukan pembimbingan dengan 4 fasilitator yang ditunjuk oleh JPS, yaitu Joevarian Hudiyana, M.Si., Whinda Yustisia, M.Sc., Ahmad Naufalul Umam, M.Si., dan Fairuziana, M.A. Keempat fasilitator ini membantu peserta untuk mengembangkan tulisan artikelnya.

Di hari terakhir, 25 April 2019, peserta diajak memahami cara menulis artikel limiah dengan metode kuantitatif yang disampaikan oleh Laras Sekarasih, Ph.D. Seperti halnya hari kedua, peserta juga tetap mendapat pendampingan dari 4 fasilitator. Peserta merespon dengan senang kegiatan ini, karena selain mendapatkan materi dan pendampingan, peserta juga mendapat bantuan biaya transportasi, penginapan, dan mereka mendapatkan akses  database online dari Perpustakaan UI.

Kami dari IPS-HIMPSI mengucapkan terima kasih kepada para peserta, pembicara, dan tim panitia yang terdiri dari 3 orang, yaitu Bidayatul Hidayah, S.Psi. selaku ketua pelaksana, kemudian Diny Rachmayanti, S.Psi., dan Nurul Aisyah, S.Psi. Serta kami ucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Psikologi UI yang telah memberikan fasilitas kegiatan dan KPPRI UI yang menjadi sponsor kegiatan ini.

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas menulis para peneliti Psikologi Sosial di Indonesia dan juga dapat meningkatkan angka publikasi di Jurnal Psikologi Sosial yang pada April 2019 telah terakreditasi nasional Sinta 2 oleh Kemenristekdikti. (DQ)

Mari berbagi...Print this pageShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

admin