The 2nd Summer School IPS 2017 (IN RESCHEDULE)

INFORMASI TERBARU KEGIATAN:

Berdasarkan proses pendaftaran yang sudah berlangsung hingga 23 Oktober 2017. Maka dengan ini panitia memutuskan untuk membatalkan sementara kegiatan The 2nd Summer School di UNY pada 7-9 November 2017. Adapun alasan pembatalan sementara ini adalah karena jumlah peserta belum memenuhi target. Kegiatan belum biasa diadakan pada bulan November 2017, dan karena ini sifatnya “Pembatalan Sementara” maka panitia akan menjadwalkan ulang kegiatan. Panitia telah menyampaikan keputusan ini pada semua pihak (UNY, narasumber, dan peserta kegiatan yang telah mendaftarkan diri), kami meminta maaf atas keputusan ini pada semua pihak dan akan segera menginformasikan jika ada keputusan jadwal baru kegiatan. Terima kasih.

 

The 2nd Summer School Ikatan Psikologi Sosial 2017

7-9 November 2017

“Peran Psikologi Sosial dalam Mewujudkan Harmoni Hubungan Antar Kelompok di Indonesia”

 

Summer School dilaksanakan oleh kerjasama antara IPS-HIMPSI dan Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kegiatan terdapat klaster yang diisi oleh peserta-peserta. Setiap kluster akan dibimbing oleh seorang tutor. Peran utama tutor ini adalah menjadi mentor bagi setiap peserta summer school dengan membimbing peserta menemukan topik-topik riset di bidangnya dan menyiapkan disain penelitian tersebut. Tutor dapat membagi lagi peserta di kelasnya ke dalam kelompok-kelompok kecil. Pada hari ketiga, hari terakhir summer school, setiap kelompok riset sudah harus mempresentasikan proposal risetnya di hadapan seluruh peserta summer school. Selama satu tahun, rancangan riset tersebut diharapkan telah dapat dilaksanakan dan pada temilnas IPS tahun berikutnya, masing-masing kelompok riset summer school IPS akan diundang mempresentasikan hasil risetnya dalam simposium summer school 2018.

 

Tujuan

Secara khusus, kegiatan SUMMER SCHOOL ini memiliki tiga tujuan:

  1. Menambah pengetahuan tentang perkembangan terkini penelitian pada topik-topik spesifik di bidang Psikologi Sosial
  2. Meningkatkan kemampuan mendisain dan melakukan riset-riset psikologi sosial
  3. Meningkatkan kemampuan menulis artikel publikasi ilmiah
  4. Memberikan kesempatan untuk mentoring dengan pakar-pakar di bidangnya
  5. Memberikan kesempatan untuk melakukan riset-riset kolaborasi

 

Tema dan Klaster

Kegiatan Summer School IPS 2016 akan diselenggarakan berdasarkan kluster-kluster topik yang sesuai dengan perkembangan ilmu Psikologi Sosial di Indonesia saat ini. Pada Summer School pertama ini, ada dua kluster utama yang dipilih, yaitu:

 

  1. KLASTER A. Tema: Prasangka, Kekerasan, dan hubungan antar kelompok

Pemateri: Dr. Phil. Idhamsyah Eka Putra

Dr. phil. Idhamsyah Eka Putra (Idham) adalah Dosen di Program Pascasarjana Psikologi Universitas Persada Indonesia (UPI YAI, Manajer Riset di Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) – Daya Makara Universitas Indonesia, dan associate editor Journal of Social and Political Psychology (JSPP; indexed Scopus & Psychinfo). Di awal 2015, Idham mendapatkan gelar Doktor di bidang Psikologi Sosial tercepat di bawah bimbingan Prof. Wolfgang Wagner, dengan menyelesaikan studi Doktoralnya dalam waktu 2.5 tahun. Di UPI Idham mengajar Psikologi Sosial dan Aplikasinya, riset kualitatif untuk Psikologi, dan Psikologi Lintas-Budaya. Idham juga aktif memberikan pelatihan analisis statistik lanjut ke kampus-kampus di Indonesia, dan membuka kelas kecil psikologi terorisme dan societal psychology di DASPR. Idham pernah menjadi peneliti dan analis di Lembaga Penelitian Psikologi Universitas Indonesia (LPPsi UI) pada 2007 – 2012. Fokus studinya dalam Psikologi Sosial mengkaji mengenai prasangka, terorisme agama (Islam), eksklusi sosial, konflik dan perdamaian kelompok. Idham telah memiliki puluhan karya ilmiah. Beberapa penelitiannya telah dipublikasikan di Jurnal International, diantaranya berjudul Basic Concepts and Reasons Behind The Emergence of Religious Terror Activities: An Inside (2013), Demonising The Victim: Seeking The Answer for How A Group as The Victim is Blamed (2016), dan Prejudice in interreligious context: The role of metaprejudice and majority–minority status (2017). Pada Februari 2017 Idham menerima penghargaan Sarlito W. Sarwono Award untuk “ilmuan muda yang aktif dalam pengembangan dan diseminasi keilmuan psikologi di Indonesia.”

Uraian Gambaran Klaster A:

Setelah perang dunia kedua, kajian psikologi sosial yang sebelumnya lebih membahas hubungan antar-individu beralih berkonsentrasi mengkaji hubungan antar-kelompok, tepatnya pada riset bidang prasangka dan konflik sosial. Namun setelah kejadian runtuhnya gedung World Trade Center atau WTC pada 11 September 2001, bersama dengan prasangka dan konflik sosial, terorisme atau kekeresan ektrim ikut menjadi topik utama pengkajian. Terutama sekali di Eropa, riset-riset psikologi sosial pun lebih diajak mengenali kondisi masyarakat sesungguhnya dan peka pada konteks sehingga diharapkan dapat menyelesailaikan masalah yang terjadi sesuai konteksnya. Model perspektif seperti ini dikenal dengan Societal Psychology (Psikologi Kemasyarakatan).

Pada pembahasan isu-isu prasangka, konflik sosial, dan terorisme, Indonesia dapat dikatakan memiliki “ladang luas” terhadap isu-isu tersebut. Problem seperti prasangka, konflik sosial, dan terorisme seperti tidak pernah habis di Indonesia. Sayangnya, meskipun banyak hal yang perlu dikaji dan diteliti dalam isu-isu tersebut, masih sedikit sekali akademisi sosial Indonesia, terutama sekali psikologi sosial, mengkaji hal tersebut dengan serius dan terus-menerus. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya publikasi ilmiah bidang ilmu psikologi sosial baik ditingkat nasional maupun internasional.

Kondisi rendahnya riset ilmiah di Indonesia dan rendahnya publikasi bisa jadi disebabkan oleh: (1) kurangnya dibangun kepekaan dalam mengamati fenomena sosial dan bagaimana kaitannya dengan temuan-temuan atau riset sebelumnya. (2)  Riset-riset psilologi sosial yang tidak dijalankan masih lemah dalam segi metodologi. (3) Riset-riset  psikologi sosial masih dijalankan sendiri-sendiri, tidak berkolaborasi

Untuk menjawab permasalahan tersebut maka dibangunlah workshop Prasangka, kekerasan, dan hubungan antar-kelompok.

Tujuan. Kegiatan SUMMER SCHOOL” Prasangka, kekerasan, dan hubungan antar-kelompok” memiliki  tujuan: (1) Menempa peserta untuk peka terhadap konteks (Indonesia) dan mencoba memahami fenomena sosial; (2) Menambah pengetahuan tentang perkembangan terkini penelitian pada topik-topik Prasangka, kekerasan, dan hubungan antar-kelompok; (3) Meningkatkan kemampuan mendisain dan melakukan riset-riset

 

  1. KLASTER B. Tema: Proses-proses ketaksadaran dalam psikologi sosial

Pemateri: Drs. Harry Susianto, Ph.D.

Harry Susianto, Ph.D. (Harry) adalah pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Psikologi Sosial dan Ketua Program Master Ilmu Psikologi. Minat risetnya mencakup perilaku ekonomi dan konsumen, proses ketidaksadaran, psikologi kepribadian, serta intervensi sosial. Tahun 2000 HIMPSI memasukannya dalam “10 Psikolog Sosial Terbaik” untuk kontribusinya mengembangkan psikologi sosial di Indonesia.

Uraian Gambaran Klaster B:

Studi tentang alam ketidaksadaran manusia merupakan salah satu area penting dalam psikologi sosial. Sampai saat ini bagi kebanyakan psikolog dan juga kalangan awam di Indonesia istilah unconscious masih lekat terasosiasi pada psikoanalisis. Padahal sesungguhnya pemahaman dan penelitian mengenai ketidaksadaran individu telah bergerak maju, dan sama sekali tidak terkait pada psikoanalisis. Kini, alam ketidaksadaran individu—yang biasa disebut dengan the new/modern unconscious, nonconscious processes, implicit processes—dipelajari berdampingan dengan studi kognisi, serta menggunakan metode eksperimental.

Selama tiga hari kita akan mengeksplor dua area riset ketidaksadaran individu: priming dan embodiment. Dengan mempelajari beberapa artikel yang akan dijadikan acuan, kita akan membahas konsep penting, kekhususan metode, sedikit kontroversi, serta mencari peluang untuk melakukan penelitian lanjutan dengan konteks Indonesia.

Pada akhir hari ketiga diharapkan peserta mampu: (1) Memahami artikel penelitian psikologi sosial dalam area priming dan embodiment; (2) Mampu mencari peluang untuk melakukan penelitian lanjutan (a.k.a. “replikasi plus”) dengan konteks Indonesia; (3) Menuliskannya dalam sebuah proposal penelitian empirik

Pleno Hari II: “Replikasi Plus: Peluang Mengangkat Konteks Indonesia ke Psikologi (Sosial) Dunia” Isi ceramah: bagaimana membuat penelitian (dan kelak publikasi) yang berbentuk penelitian lanjutan dengan konteks lokal dari artikel yang terbit di jurnal psikologi sosial “top”.

 

Peserta

Dosen dan mahasiswa pasca sarjana di bidang Psikologi Sosial, berasal dari kampus-kampus se-Indonesia. Jumlah peserta maksimal 15 orang setiap klusternya.

Tanggal Penting (DIJADWALKAN ULANG)

  • Pendaftaran: 25 September – 23 Oktober 2017.
  • Pengumuman penerimaan peserta secara berkala paling lambat 25 Oktober 2017.
  • Jadwal Kegiatan: 7-9 November 2017

 

Tempat

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Alamat: Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

 

Rundown Kegiatan

H-1 (6 November 2017)
16.00-18.00 Registrasi
18.00-20.30 Makan Malam Bersama
Hari I (7 November 2017)
08.30 – 09.30 Pembukaan oleh Ketua IPS dan Panitia Summer School
09.30 – 12.00 Pleno Pembuka:

Paparan Riset Terkini Tutor 1 dan 2

Diskusi

12.00-13.00 Makan Siang
13.00-15.30 Kegiatan Kluster dengan Tutor
15.30-16.00 Coffee Break
16.00-17.30 Kegiatan Kluster dengan Tutor
17.30-19.00 Istirahat dan Makan Malam
19.00-21.00 Kegiatan Mandiri Peserta Menyiapakan Presentasi Proposal Penelitian
Hari II (8 November 2017)
08.30 – 10.00 Pleno:

“Menyusun dan Menyiasati Riset yang Layak Publikasi”

Pembicara: Dr. Idhamsyah Eka Putra

10.00-10.15 Coffee Break
10.15-12.00 Pleno:

“Mengembangkan Riset dengan Kontribusi Teoritis Yang Kuat Sekaligus Relevan dengan Konteks Permasalahan Lokal”

Pembicara: Dr. Harry Susianto

12.00-13.00 Makan Siang
13.00-15.30 Kegiatan Kluster dengan Tutor
15.30-16.00 Istirahat
16.00-17.30 Kegiatan Kluster dengan Tutor
17.30-19.00 Istirahat dan Makan Malam
19.00-21.00 Kegiatan Mandiri Peserta Menyiapakan Presentasi Proposal Penelitian

 

Hari III (9 November 2017)*
08.30-10.00 Pleno: Presentasi Riset Proposal Peserta
10.00-10.15 Coffee Break
10.15-11.30 Pleno: Presentasi Riset Proposal Peserta
11.30-12.30 Evaluasi dan Penutupan
12.30 Makan Siang

 *) Jadwal 9 November 2017 tentatif, dapat berubah sesuai dengan kebutuhan.

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran online melalui link berikut, klik DI SINI
  2. Menyiapkan curriculum vitae (CV) setidaknya berisi: Data Diri, Data Pendidikan/Akademik, Data-Data Riset/Penelitian/Tulisan Ilmiah (judul studi skripsi, tesis, disertasi, artikel jurnal, dll), dan hal-hal lain yang menunjang keikutsertaan di kegiatan (pengalaman presentasi konferensi, keikutsertaan pada kegiatan ilmiah, dll). File ditulis dalam bentuk Microsoft Word atau PDF.
  3. Menyiapkan Essay yang ditulis maksimal 250 kata, berisikan motivasi, harapan, dan/atau tujuan mengikuti kegiatan. File ditulis dalam bentuk Microsoft Word atau PDF.

File nomor 1 dan 2, dikirimkan paling lambat 23 Oktober 2017 melalui email: sekretariat@ikatanpsikologisosial.org dengan subject (judul email): “Pendaftaran Summer School-IPS 2017”. Mohon melakukan konfirmasi ke nomor +62813 49558346 (sdr. Diqi) (Whatsapp only), jika telah menyelesaikan pendaftaran (nomor 1 hingga 3).

 

Prosedur Pembayaran

  1. Setelah melakukan pendaftaran dan dinyatakan telah memenuhi berkas serta berhak mengikuti kegiatan (dibuktikan dengan email/chat/LoA konfirmasi dari panitia), maka peserta membayarkan biaya kegiatan dengan nominal:
  • Rp 1.000.000 untuk mahasiswa S2-S3
  • Rp 1.100.000 untuk HIMPSI anggota-IPS, dibuktikan menyebutkan nomor anggota HIMPSI dan akan dilakukan pengecekan melalui website admin SIK HIMPSI
  • Rp 1.200.000 untuk HIMPSI non-Anggota IPS, dibuktikan dengan menyebutkan nomor anggota HIMPSI.
  • Rp 1.300.000 untuk Umum
  1. Biaya ditransfer dibayarkan ke nomor rekening yang ditunjuk oleh panitia paling lambat 23 Oktober 2017. Nomor Rekening akan diinformasikan melalui chat/email.
  2. Bukti Transfer (struk ATM, bukti transfer Bank, Screenshoot SMS Banking/Mobile Banking) dikirimkan ke email sekretariat@ikatanpsikologisosial.org dengan Subject/judul email: “Bukti Transfer Registrasi Summer School-IPS 2017” dan Whatsapp saudara Diqi (081349558346).

 

Informasi penerimaan peserta. Peserta yang dinyatakan diterima, sudah melengkapi berkas dan melakukan pembayaran akan dikirimkan LoA (Letter of Acceptance/surat penerimaan peserta) melalui Email Peserta atau Nomor Whatsapp peserta.

 

Mari berbagi...Print this pageShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

admin